Thursday, July 5, 2012

Tokoh Wayang : Dewi Madri

Dalam pewayangan mengenal pendekar Pandawa kembar bernama Nakula dan Sadewa. Dewi Madri adalah ibu dari ksatria ini yang merupakan istri kedua dari Prabu Pandu Dewata yang memiliki istri pertama bernama Dewi Kunti yang memiliki tiga putra yaitu : Yudistira, Bima, dan Arjuna.

Dewi Madri adalah putri dari Raja Madra bernama Artayana dan setelah wafat Artayana digantikan oleh putranya atau kakak Dewi Madri yang bernama Narasoma yang bergelar Salya. Dan karena Salya juga Dewi Madri menjadi istri Prabu Pandu Dewata. Sehingga Salya adalah kakak ipar dari Prabu Pandu Dewata.

Pada saat sayembara untuk memperebutkan Dewi Kunti, Narasoma yang memiliki ilmu Candabirawa dapat mengalahkan semua ksatria sehingga berhak untuk mendapatkan Dewi Kunti. Namun, ada seorang ksatria yang datang terlambat sehingga ksatria itu bermaksud untuk pulang tapi ia dicegah oleh Narasoma sang pemenang sayembara.

Sang ksatria yang datang terlambat pada sayembara tidak melayani Narasoma yang menantangnya, tapi karena terus dipaksa dengan janjinya Narasoma akan menyerahkan Dewi Kunti dan adik perempuannya Dewi Madri bila ksatria itu dapat mengalahkannya.

Akhirnya, terjadilah pertarungan sengit antara Narasoma atau Salya dengan ksatria tersebut yaitu Pandu. Ilmu andalan Narasoma yaitu Candabirawa dikeluarkan membuat Pandu kewalahan. Namun akhirnya, Pandu dapat mengalahkan Narasoma atau Salya sehingga mendapat hadiah Dewi Kunti dan Dewi Madri.

No comments:

Post a Comment